Wow! Elon Musk Akan Tanam Cip Ke Otak Manusia Tahun Ini.

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Elon Musk orang terkaya di dunia, sekaligus pendiri Tesla dan SpaceX ini, mengatakan bahwa mereka bakal menanamkan Chip buatannya ke otak manusia.

Dia mengklaim, perusahaannya siap untuk melakukan uji coba tersebut pada akhir 2021 melalui Startup neuroteknologi yang ia dirikan sejak 2016.

Ceo Tesla dan SpaceX ini membeberkan langsung rencana ini melalui akun Twitternya pada pekan ini. Saat itu, seorang follower Musk memohon untuk bisa menjadi relawan uji coba chip otak kepada manusia, guna menyembuhkan kelumpuhan yang ia derita akibat dari tabrakan mobil 20 tahun lalu.

“Neuralink bekerja sangat keras untuk memastikan keamanan implan dan menjalin komunikasi yang erat dengan FDA (Food and Drug Administrasion),” balas Musk di Twitter sebagai tanggapan dari permintaan pengikutnya.

“Jika semuanya berjalan dengan baik, kami juga mungkin bisa melakukan uji coba awal pada manusia akhir tahun ini,”

Belum jelas apakah rencana dari Musk benar terwujud kali ini atau tidak. Karena, ia juga sempat membuat pernyataan serupa di masa lalu tentang proyeknya Pada 2019. pada waktu itu dia sempat mengumbar janji bahwa Neuralink bakal di ujicoba pada manusia pada akhir 2020.

Baca Juga: Tesla Diminta Untuk Menarik 134 Ribu Kendaraanya, Ada apa?

Teknologi yang di sebut dengan Neuralink adalah, chip brain-machine interface (BMI). Yang tujuannya adalah untuk mengatasi cedera otak dan tulang belakang pada manusia.

Selain itu perangkat ini juga dapat membantu menyelesaikan sejumlah masalah neurologis diantaranya, kehilangan memori, stroke, kecanduan obat, hingga untuk memantau kesehatan penggunanya atau sebagai pengingat jika mereka mengalami serangan jantung.

Orang yang di tanamkan chip ini nantinya akan menjadi “cyborg”, karena mereka akan memiliki “lapisan digital” tersier berkat telepon, komputer, dan aplikasi, menurut Musk.

Sebelumnya Musk juga mengatakan bahwa Neuralink telah bisa membuat seekor monyet bermain video game.

“kami memiliki monyet dengan implan nirkaber di tengkorak mereka dengan kabel kecil yang dapat bermain video game dengan pikirannya,” ungkap Musk kepada ribuan orang Fansnya di platform Clubhouse, Senin (1/2).

Ini adalah terobosan baru dari Neuralink yang di pamerkan oleh Musk di depan banyak orang. Sebelumnya di bulan agustus 2020, Neuralink juga sempat mendemonstrasikan pemakaian chip otak pada seekor babi yang bernama Getrude.

Chip itu sudah dipasang di babi tersebut selama dua bulan. Saat babi tersebut menyentuh benda-benda di sekitarnya, serangkaiaan neuron bekerja dengan mengirimkan sinyal ke otak.

Dan perangkat BMI kemudian mendeteksi aktivitas tersebut dan rekamannya di sajikan dalam bentuk grafik dan suara ‘tut ke dalam layar.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -