Teknisi Listrik di Inggris Tidak Sengaja Temukan Terowongan Rahasia Abad ke-12

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Sebuah terowongan rahasia dari abad ke-12 berhasil ditemukan di dekat situs Biara di Wales.

Dilansir dari Suara.com, Temuan dari Terowongan tersebut dilakukan secara tidak sengaja oleh teknisi listrik dari Western Power Distribution (WPD).

Pada saat itu, para pekerja listrik tersebut sedang melakukan penggalian lubang untuk tiang kabel listrik baru di halaman belakang pelanggannya di Monmouthshire, dekat perbatasan Inggris.

Baca Juga:

Sistem terowongan tersebut memiliki tinggi sekitar 1,2 meter dan terletak di sepanjang sungai yang mengalir melalui Desa Tintern dan Lembah Wye.

Yang aneh adalah, tidak ada catatan sejarah yang tertinggal mengenai asal terowongan tersebut.

Para arkeolog yang telah melakukan pemeriksaan, tidak yakin untuk apa terowongan itu digunakan atau seberapa jauh terowongan tersebut membentang di bawah tanah.

“Tak lama setelah penggalian dimulai, tim menemukan terowongan yang awalnya dianggap sebagai gua. Selama bekerja sebagai teknisi, saya juga pernah terlibat dalam penggalian yang menemukan sumur tua dan gudang bawah tanah, tapi tidak ada yang semenarik dan mengesankan seperti ini,” ungkap Allyn Gore, teknisi WPD yang terlibat dalam penemuan tersebut.

Perusahaan listrik tersebut kini telah mengalihkan pekerjaan pemeliharaan dari terowongan, sehingga para arkeolog dapat melakukan penyelidikan yang mungkin bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa diselesaikan.

Menurut data dari WPD, terowongan tersebut tidak muncul di peta mana pun dari area yang dibuat oleh badan pemetaan nasional Inggris.

“Sebelum pekerjaan dimulai, semua pemeriksaan dan izin biasa dilakukan. Tapi tidak ada yang muncul di gambar atau catatan kami tentang situs tak biasa itu,” tambah Gore, seperti dilansir dari Live Science, pada hari Jumat (12/3).

Terowongan tersebut juga berada di bawah jalan setapak di desa, sehingga warga setempat yang menggunakan jalan di atas terowongan selama berabad-abad tidak menyadarinya akan terowongan itu.

Menurut Cadw (layanan warisan budaya dan sejarah Pemerintah Weles), terowongan itu dapat dihubungkan ke Biara Tintern di dekatnya, yang dibangun biarawan Cistercian pada 1131 dan dianggap sebagai ikon dari nasional Wales.

Raja Henry VIII

Namun, biara tersebut runtuh setelah pembubaran biara yang dilakukan oleh Raja Henry VIII pada tahun 1536, sehingga jika terowongan itu adalah bagian dari Biara Tintern, ini bisa menjelaskan mengapa tidak ada catatan sejarah mengenai terowongan yang masih ada tersebut.

Setelah berkonsultasi dengan ilmuwan Cadw, tim arkeolog berencana untuk menggali situs tersebut dan berharap dapat mengungkapkan mengapa terowongan itu dibangun dan tujuan dari dibangunnya terowongan itu.

Lainnya:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -