Robot NASA Deteksi Suara Misterius di Planet Mars

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Robot pendarat milik NASA di planet Mars InSight telah berhasil menangkap suara gemuruh misterius yang berasal dari dalam planet merah itu. Peneliti meyakini bahwa gemuruh tersebut berasal dari pelepasan energi yang tiba-tiba pada interior planet itu.

Suara gemuruh ini kemungkinan dipicu oleh getaran atau “gempa” yang terjadi di planet tersebut. Fenomena ini dikenal sebagai Marsquake atau “gempa” Mars, meski planet tersebut diyakini tak memiliki sistem tektonik aktif seperti di Bumi yang dapat menyebabkan gempa.

BACA JUGA:

Permukaan Mars lebih mirip seperti Bulan yang jauh lebih tenang bila dibandingkan Bumi. Akan tetapi, permukaan Mars dapat mengalami getaran akibat proses pendinginan dan kontraksi yang kemudian menyebabkan tekanan.

Menurut peneliti NASA, gemuruh misterius tersebut tampak berasal dari sebuah lokasi di Mars bernama Cerberus Fossae. Fenomena Marsquake terdahulu juga diyakini berpusat di lokasi tersebut.

Dilansir dari Sky News, fenomena Marsquake sebelumnya terjadi tepat satu tahun waktu Mars atau sekitar dua tahun waktu Bumi. Fenomena Marsquake sebelumnya ini terjadi selama musim panas di utara Mars.

Peneliti meyakini bahwa musim panas kali ini dapat memberikan InSight kesempatan lebih baik untuk mendengarkan gemuruh dari Marsquake. Alasannya, angin di Mars saat ini menjadi lebih tenang.

Tahun lalu, NASA juga sempat membagikan suara gemuruh di Mars yang ditangkap oleh InSight kepada publik. Kala itu, suara gemuruh tersebut juga berasal dari dalam planet, bukan dari faktor eksternal di luar planet seperti angin.

“Mars, saya mendengarmu. Saya mendeteksi getaran pelan namun berbeda di Mars. Gemuruh samar tersebut tampak berasal dari dalam planet dan masih diteliti oleh tim saya, coba dengarkan,” dikutip dari akun Twitter resmi NASA InSight tahun lalu.

Dalam unggahan tersebut, NASA InSight juga mengunggah sebuah video rekaman suara yang ditangkap oleh InSight. Dalam rekaman video tersebut, NASA InSight memberikan perbedaan suara gemuruh yang disebabkan oleh angin, tangan robot InSight, dan fenomena yang dicurigai sebagai Marsquake.

Saat ini, tenaga pada InSight mulai menurun karena Mars sedang bergerak menjauh dari matahari. InSight diperkirakan akan mendapatkan kembali suntikan energi pada bulan Juli ketika Mars mulai bergerak mendekat kembali ke matahari.

Sebelum mencapai bulan Juli, beragam instrumen pada InSight akan dimatikan sementara termasuk seismometernya. Seismometer InSight yang bernama Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) merupakan instrumen yang dapat berperan dalam merekam fenomena gemuruh dan Marsquake di yang terjadi di planet merah tersebut.

Tim peneliti berharap seismometer pada InSight bisa terus menyala selama satu atau dua bulan lagi. Setelah itu, seismometer akan dimatikan sementara dan InSight akan menjalani hibernasi

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -