Prabowo dan Petinggi Militer Indonesia Hadiri Peluncuran Jet Tempur, Hasil Kerja Sama RI-Korsel

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA РMenteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto direncanakan akan  melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan untuk peluncuran jet tempur hasil kerja sama RI-Korsel.

Melansir dari akun media lokal Korsel, Yonhap News Agency, Minggu (4/4), Prabowo bersama dengan petinggi militer di Tanah Air disebutkan akan menghadiri peluncuran dari jet tempur hasil kerja sama antara Indonesia-Korea, Korean Fighter Experimental (KFX)/ Indonesian Fighter Experimental (IFX).

“Kehadiran Prabowo bisa menjadi tanda bahwa Indonesia masih berkomitmen dalam proyek bersama jet tempur KFX/IFX,” tulis media Yonhap.

BACA JUGA:

Rencananya, seremoni dari peluncuran jet tempur KFX/IFX ke publik akan dilakukan pada pekan pertama bulan April 2021.

Terkait dengan rencana kehadiran dari Menhan dan para petinggi militer Indonesia di acara peluncuran KFX tersebut, dikutip dari Kumparan, Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, hingga berita ini diterbitkan, Dahnil masih belum bisa konfirmasi apa agenda dari Prabowo dinegara gingseng tersebut.

Seperti diketahui, keikutsertaan dari Pemerintah Indonesia dalam proyek jet tempur tersebut tak berjalan mulus. Indonesia disebut sempat terlambat membayar komitmen pendanaan.

Bahkan tersiar kabar, Indonesia berencana keluar dari proyek pengembangan jet tempur bersama itu.

Dari kerja sama awal, Indonesia berkontribusi 20 persen dari total dana pengembangan yang mencapai USD 7,9 miliar.

Sementara pemerintah Korsel menanggung pembiayaan 60 persen dan Korean Aerospace Industries (KAI) berkontribusi 20 persen.

KFX/IFX sendiri merupakan pesawat tempur generasi 4.5 atau jet tempur semi siluman.

Indonesia nantinya akan mengembangkan dan memproduksi varian IFX untuk memenuhi kebutuhan TNI AU. IFX akan diproduksi sebanyak 48 unit di PTDI, Bandung.

Sedangkan KAI akan memproduksi 120 unit jet tempur KFX untuk militer Korsel.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -