Pertamina Berencana Bangun Bisnis Nuklir

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) terus melakukan upaya transformasi bisnis dalam menjawab tantangan dunia untuk kemajuan teknologi dan energi bersih. Bahkan untuk ke sektor nuklir sendiri, Pertamina mengaku juga tengah melakukan kajian kemungkinan pengembangan di sektor nuklir ini.

VP Downstream Research & Technology Innovation Pertamina, Andianto Hidayat, menjelaskan saat ini memang terjadi distrubsi energi secara besar besaran. Perusahaan migas kelas dunia pun berbondong bondong melakukan shifting bisnis yang semula hanya energi fosil ke energi bersih.

Hal ini juga yang mendorong Pertamina untuk ketat melakukan kajian semua sektor energi bersih.
“Kami juga menyesuaikan distrupsi energi ini. Untuk jangka pendek memang kita sudah kembangkan Geothermal.

Namun kedepan kami juga sedang melakukan berbagai penelitian untuk hal-hal lain seperti ocean energy, liquidfuel coal bahkan ke nuklir,” ujar Andianto dalam diskusi virtual, Rabu (17/2).

Baca Juga: 11 Prajurit TNI Gugur Sejak Bulan Agustus di Intan Jaya


Andianto menjelaskan Pertamina sudah mulai mengkaji kemungkinan pengembangan nuklir ini. Dari kajian yang sudah dilakukan, sebenarnya nuklir sangat potensi dikembangkan di Indonesia. Apalagi, nuklir bisa diterapkan dengan aspek safety yang tinggi.


“Ini sedang secara paralel sedang kami kaji juga. Seperti apa model dan pengembangannya nanti. Energi nuklir ini sangat ramah lingkungan dan memiliki aspek safety yang tinggi sebenarnya,” ungkap Andianto.


Namun, tentu saja Pertamina tak bisa serta merta mengeluarkan kebijakan tertentu terkait Nuklir. Andianto menjelaskan Pertamina bersiap dengan segudang kajian. Namun, apakah ini akan diimplementasikan hal tersebut bergantung pada kebijakan pemerintah.
“Ini semua tergantung seperti apa kebijakan pemerintah nantinya,” ujar Andianto.

Baca Juga:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Kebakaran Toko Agen Elpiji di Duren Sawit Jaktim Jumat Pagi, Kerugian Ditaksir Hingga Rp 1 Miliar

JAKARTAVIEW.ID, - Kebakaran melalap hampir seluruh toko agen gas dan distributor briket batubara di Jalan H Naman, Kelurahan Pondok...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -