Nasa Pamerkan Foto Terbaru Permukaan Planet Mars

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA memamerkan foto terbaru yang berhasil diabadikan oleh kendaraan penjelajah Perseverance NASA. Foto kali ini lebih detail dari sebelumnya, beresolusi tingggi dan terlihat berwarna.



Kamera HiRISE Mars Reconnaissance Orbiter yang terbang di atas lokasi pendaratan juga berhasil menangkap momen saat Perseverance membuka parasutnya dan hampir tiba di permukaan planet Mars.

Baca Juga:



“Ini adalah sesuatu yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Kami terkagum-kagum ketika melihat foto tersebut untuk pertama kalinya,” ungkap Deputi Kepala Misi ke Mars, Aaron Stehura, seperti dikutip oleh kantor berita Reuters, pada hari Jumat (19/2).

Tak hanya itu, kendaraan Perseverance juga mengambil foto Mars di sekelilingnya. Alat itu menangkap gambar mulai dari saat ia memasuki orbit Mars, turun ke permukaan, dan saat mendarat di Mars. Foto kemudian dikirim ke kendaraan jelajah tersebut untuk kemudian dikirim ke bumi.

Helikopter Kecil di Mars:

Sebelumnya, Manajer Misi Strategis Perseverance, Pauline Hwang mengatakan bahwa, Sebelum melakukan misinya, Perseverance akan melalui beberapa pemeriksaan perangkat keras untuk memastikan semuanya telah berfungsi dengan sangat baik

Kepala, atau tiang, akan terbuka dan kamera di tiang akan menangkap lebih banyak gambar di sekitar penjelajah untuk memberikan panorama dari penjelajah.

Helikopter kecil pintar yang terselip dibawa penjelajah, juga akan menjalani pemeriksaan. “Sebelum helikopter dapat memulai serangkaian penerbangan uji coba selama hampir periode 30 hari, banyak yang harus terjadi dan itu akan memakan waktu,” kata Hwang.

Nantinya Perseverance diarahkan menuju lokasi helipad untuk menurunkan helikopter di permukaan Mars dan mundur. Perseverance akan merekam foto dan video penerbangan bersejarah ini. Ingenuity juga mengusung dua kamera dan akan dapat membagikan pemandangan dari udaranya.

Sekarang Perseverance telah mendarat, ia dapat beralih ke perangkat lunak yang akan digunakannya saat berkendara di permukaan Mars. “Gambar yang dikirim kembali oleh penjelajah akan menginformasikan kepada para tim sains sehingga kami benar-benar dapat memulai misi,” ungkap Hallie Gengl Abarca, kepala tim pencitraan dan pemrosesan data penjelajah untuk operasi permukaan

Baca Juga:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -