NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Mars, Lewat Wahana Rover Perseverance

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, CALIFORNIA – Kendaraan penjelajah (rover) Perseverance NASA baru saja mencetak rekor pertama di planet Mars yang dapat membantu membuka jalan bagi para astronot untuk menjelajahi Planet Merah tersebut suatu hari nanti.

Perseverance telah berhasil menggunakan instrumen MOXIE-nya untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars yang tipis dan didominasi oleh karbon dioksida untuk pertama kalinya.

BACA JUGA:

Instrumen tersebut, mendemonstrasikan teknologi yang dapat membantu para astronot bernapas. Proses tersebut tidak hanya menghasilkan oksigen bagi astronot, tetapi juga pengangkutan oksigen dalam jumlah besar dari Bumi sebagai propelan roket untuk perjalanan pulang.

Tonggak sejarah MOXIE terjadi pada Selasa (20/4) waktu setempat, hanya satu hari setelah Perseverance penerbangan helikopter pertama di Mars, Ingenuity.

The Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE

“Ini adalah langkah penting pertama dalam mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di Mars,” kata Jim Reuter, administrator Space Technology Mission Directorate NASA, dikutip laman Space, Kamis (22/4).

Menurut Reuter, MOXIE masih memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi hasil dari demonstrasi teknologi ini hampir memberi harapan bagi mereka untuk bisa melihat manusia berada di Mars.

The Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE adalah kotak berwarna emas seukur

Benda yang dijuluki pohon mekanis tersebut menggunakan listrik dan kimia untuk memecah molekul karbon dioksida, yang terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen. Instrumen MOXIE juga telah menghasilkan karbon monoksida.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -