Menhan Amerika: Gugurnya 53 Awak Kapal Selam Nanggala-402 RI Sedih dan Tragis

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, AMERIKA – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin ikut berduka atas gugurnya ke 53 tentara Indonesia dalam tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Menurutnya, gugurnya puluhan awak kapal selam tersebut sangat tragis.

“Sangat sedih mendengar kematian tragis 53 pelaut Indonesia di atas kapal,” katanya seperti dikutip dari aku Twitter.

“Pikiran serta doa saya bersama keluarga para pelaut itu, dan semua orang di militer Indonesia saat mereka mengatasi tragedi ini,” lanjut Austin di akun Twitter-nya, @SecDef.

BACA JUGA:



Militer Indonesia mengatakan bahwa kapal selam yang ke hilangan kontak di perairan Bali tersebut telah berhasil ditemukan. KRI Nanggala-402 hilang kontak pada hari Rabu dini lalu menjelang melakukan latihan penembakan torpedo.

Militer Indonesia pada hari Sabtu mengatakan bahwa mereka yakin kapal itu telah tenggelam dan 53 awaknya dinyakatan gugur. Penilaian tersebut kemudian dikonfirmasi dengan foto-foto bangkai kapal selam di bawah air.

“Dengan bukti otentik ini, kami dapat menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan semua awaknya gugur,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangan press didepan para wartawan.

Presiden Indonesia Joko Widodo telah berpidato pada hari Minggu.

“Seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi ini, terutama kepada seluruh keluarga awak kapal selam tersebut,” kata Presiden Joko.

“Mereka adalah putra terbaik bangsa, patriot yang menjaga kedaulatan negara.”

Penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut belum dikonfirmasi. Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, kapal selam itu terbelah tiga bagian di dasar laut pada kedalaman 838 meter atau hampir 3.000 kaki—jauh lebih dalam dari apa yang disebut “collapse depth” dari 655 kaki.

Margono mengatakan bahwa TNI AL akan bekerja untuk mengevakuasi kapal selam dan seluruh korban, meski lokasinya berada di perairan dalam.

Pemerintah Indonesia akan bekerja dengan kelompok internasional,International Submarine Escape and Rescue Liaison Office, dalam upaya evakuasi.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -