Manfaat Buah Tomat Untuk Kesuburan Pria

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat setiap hari dapat mendatangkan manfaat untuk kesuburan pada pria, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas sperma.

Gangguan kesuburan adalah masalah reproduksi pada pria yang cukup sering terjadi. Dari data yang ada, 1 dari 20 pria mengalami gangguan ini.

Terganggunya kesuburan pada pria biasanya terjadi akibat dari kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi yang dimaksud antara lain: varikokel, tumor, infeksi, kadar hormon tidak seimbang, dan cacat fisik seperti penurunan testis yang tidak sempurna.

Bukan hanya itu saja, pria juga bisa mengalami masalah kesuburan apabila berurusan dengan hal-hal sebagai berikut:

  • Merokok dan minum alkohol yang berlebihan
  • Kurang dalam beraktifitas fisk atau olaraga
  • Sering memakai celana dalam dan pakaiaan yang sepit
  • Stress yang berlebihan
  • Dan kurangnya nutrisi pada tubuh.

Akibat dari gangguan kesuburan, kemungkinan pria untuk membuat pasangannya hamil akan berkurang.

Baca Juga: Komplikasi Darah Tinggi Yang Perlu Kita Waspadai

Khasiat Tomat untuk Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Beberapa penelitian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun silam menemukan bahwa likopen, pigmen merah yang ada pada tomat, dapat meningkatkan kadar sperma sampai 70 persen.

Temuan itu ternyata dikonfirmasi juga dengan studi baru-baru ini dalam jurnal medis “European Journal of Nutrition”.

Pada studi itu, tim peneliti menguji coba sperma 60 orang partisipan pria yang dipilih secara acak dan diberikan suplemen yang mengandung lactolycopene atau pil plasebo didalamnya selama 12 minggu.

Hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa, pria yang sering mengonsumsi suplemen yang di dalamnya terkadung likopen tersebut akan memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Dalam hal ini, peneliti mengatakan bahwa likopen pada tomat mampu meningkatkan jumlah sperma hinga 40 persen, dengan tingkat berenang yang lebih baik dari sebelumnya.

Terkait dengan manfaat itu, parah ahli percaya bahwa likopen pada tomat mampu memberikan efek antioksidan yang mampu mencegah kerusakan pada sperma, sehingga nantinya sel sperma akan menjadi lebih berkualitas karena memiliki jumlah ukuran dan bentuk lebih sempurna.

Untuk pria yang ingin meningkatkan kualitas dari sperma sekaligus kesuburannya , bisa mencoba konsumsi tomat secara rutin, baik itu mentah atau yang sudah dimasak.

Agar lebih maksimal lagi harus di imbangi dengan pola hidup sehat yaitu, memakan makanan yang sehat, tidur yang cukup, hindari kebiasaan yang buruk seperti merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol berlebih, serta mengurangi stress yang berlebih.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -