Luhut: Cegah Anggaran Membengkak KPK Akan Awasi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Pemerintah akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengawasi proyek strategis demi mencegah korupsi atau kerugian yang akan dialami oleh negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa baru-baru ini KPK mulai dilibatkan dalam mengawasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Proyek kereta cepat Jakarta Bandung tersebut dikabarkan membengkak atau cost overrun bahkan mencapai 23% dari nilai awal yang besarnya US$ 6,071 miliar. “Banyak yang bisa dihemat bila KPK sudah terlibat dari perencanaan dan melihat sendiri,” kata Luhut dalam Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi STRANAS PK 2021-2022, pada hari Selasa (13/4).

BACA JUGA:

Terkait dugaan pembengkakan biaya pada proyek kereta cepat itu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan melakukan proses pengkajian ulang proyek kereta cepat tersebut bersama tim ahli.

“Informasi yang beredar mengenai pembengkakan biaya tengah dalam proses pengkajian ulang feasibility study, didampingi tim ahli dan konsultan,” kata Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya saat seperti dikutip dari  Katadata.co.id, pada hari Kamis (25/3).

Bukan pertama kalinya proyek kereta cepat ini terkendala masalah dana. Pada tahun 2017, kendala lahan membuat biaya proyek membengkak dari US$ 5,1 miliar menjadi US$ 5,9 miliar atau hampir Rp 80 triliun.

Selain proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Luhut menyebut KPK mulai memantau proyek Batam Logistic Ecosystem yang bisa menekan biaya logistik mencapai 5-10%.

Dia mengatakan bahwa banyak orang yang tidak ingin proyek besar tersebut berjalan karena tanpa proyek itu sektor logistik menjadi sasaran dari para koruptor.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -