Lonjakan Covid-19 di India, WNA India Ramai Datang Ke Indonesia, ini Penjelasan Imigrasi RI

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto memastikan warga negara India yang ramai-ramai datang ke Indonesia sudah melalui pengawasan ketat dan memenuhi prosedur keimigrasian.

Romi mengatakan WNA India yang datang itu berjumlah 117 orang.

Romi mengungkapkan bahwa sebanyak 117 WN India itu datang pada hari Rabu (21/4) malam dengan menggunakan pesawat Air Asia QZ988. Di dalam pesawat itu ada 127 orang, diantaranya 117 WNA India, dan 10 orang lainnya adalah WNI.

BACA JUGA:

“Begitu landing, mereka diperiksa dulu oleh kesehatan dari kantor kesehatan pelabuhan, setelah mereka memenuhi persyaratan masuk ke Indonesia, sehat, baru ke imigrasi untuk dilakukan dokumen keimigrasian, setelah dicek, dan memenuhi persyaratan mereka keluar dari imigrasi,” jelas Romi seperti dikutip dari Detik, pada hari Jumat (23/4/2021).

Romi mengatakan bahwa ke 117 WNA India tersebut juga telah dilakukan karantina selama 5 hari oleh Satgas Penanganan Covid-19 di Bandara. Namun, dia tidak mengetahui dimana mereka dikarantina.

“Dan itu di sana ada petugas gugus tugas COVID-19, (mereka) diarahkan untuk dikarantina 5 hari di hotel,” katanya.

Romi menjelaskan bahwa status dari 117 WN India tersebut macam-macam. Menurutnya, sebagian dari mereka ada yang sudah mendapat izin tinggal tetap di Indonesia. Dia juga mengatakan bahwa mereka juga telah menunjukkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang mereka punya.

“Jadi macam-macam ada yang sudah permanen resident di sini, pekerja di sini, ada juga dosen uji di sini. Ada, ada (KITAS/KITAP) sudah memenuhi persyaratan untuk dokumen keimigrasian,” jelas Romi.

Romi juga menegaskan bahwa pihaknya sudah memeriksa semua dokumen keimigrasian mereka. Dia memastikan jika WNA India tersebut yang tidak memenuhi dokumen keimigrasian, pasti akan segera dipulangkan oleh pihaknya.

“Imigrasi sebatas periksa dokumen keimigrasian, kalau kesehatan ada, jadi kalau di kesehatan ada petugas pelabuhan, tentunya kalau mereka tidak memenuhi persyaratan pasti akan direkomendasi imigrasi untuk dipulangkan,” tegas Romi.

Diketahui, masuknya WNA India beramai-ramai ke Indonesia disampaikan Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes dr Benget dalam rapat bersama tim Satgas COVID-19 Riau. Rapat berlangsung di Balai Serindit, yang dipimpin langsung Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Riau Syamsuar.

“Pertama, terkait ada kedatangan WNI dan WNA, kemarin sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali,” tegas Benget di Pekanbaru,hari Rabu (22/4).

Dalam catatannya, WNA asal India tersebut datang ke Indonesia melalui jalur udara. Mereka mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan dilakukan karantina oleh Kemenkes.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -