KPK Sudah Tetapkan Tersangka Kasus Suap Puluhan Miliar di Ditjen Pajak

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa kasus dugaan suap bernilai puluhan miliar rupiah di Ditjen Pajak, Kasus itu sekarang sedang diusut oleh KPK.

“Kemenkeu mengapresiasi dan menghargai serta mendukung sepenuhnya langkah dari KPK,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam jumpa pers di Kemenkeu, pada hari Rabu (3/3). Sri Mulyani juga didampingi jajaran Ditjen Pajak dan Irjen Kemenkeu.

Sri Mulyani mengatakan bahwa, kasus ini berawal dari pengaduan masyarakat yang ditangani Unit Kepatuhan Internal di Lingkungan Kemenkeu dengan bekerja sama dengan KPK.

“Pengaduan masyarakat atas dugaan suap terjadi di tahun 2020 awal, kemudian dilakukan tindakan oleh unit kepatuhan Internal Kemenkeu dan KPK untuk melakukan tindak lanjut pengaduan tersebut,” ungkap dia.

Sebelumnya, dugaan suap itu pertama kali diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, pada hariSelasa (2/3).

Hanya saja Alex tidak menyebut identitas para tersangka dalam kasus tersebut karena kebijakan pimpinan KPK yang baru. Identitas tersangka baru diumumkan saat ditangkap atau hendak akan ditahan.

Baca Juga:

Menteri Keuangan Sri Mulyani Dukung dan Siap Bekerja Sama dengan KPK

Sri Mulyani menegaskan bahwa, pihaknya tetap menghormati proses hukum yang dilakukan oleh KPK. “Bekerja sama untuk menindak lanjuti pengaduan masyarakat atas dugaan suap yang melibatkan pegawai DJP,” kata dia.

“Dengan tetap memegang azas praduga tidak bersalah, Kemenkeu tidak menoleransi atas tindakan tindakan koruptif serta pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh siapa pun di lingkungan pegawai Kemenkeu,” tegas Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga mengatakan bahwa, guna memudahkan proses penyidikan KPK, pihak yang diduga menjadi oknum penerima suap di Ditjen Pajak pada saat ini telah dibebastugaskan.

Selain itu, dia juga menyebut akan terus bekerja sama dengan pihak KPK untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penerimaan pajak negara. Begitu pula dengan pencegahan kasus korupsi.

“Kami juga bekerja sama dengan KPK untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan Kemenkeu,” ucapnya.

KPK Sudah Tetapkan Tersangka Kasus Suap Puluhan Miliar di Ditjen Pajak

Dilansir dari Kumparan.com, Meski belum membeberkan identitas para pelaku dalam kasus suap ini, KPK sudah menetapkan para tersangkanya. Akan tetapi, KPK belum bisa menyampaikan jumlah beserta identitasnya dari para pelaku.

“Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail kasus dan tersangkanya,” kata Ali Fikri.

Namun demikian, Ali memastikan bahwa perkembangan kasus suap di Ditjen Pajak ini akan disampaikan secara transparan kepada publik, pada waktunya nanti.

“Kami berharap rekan-rekan media memahami kebijakan ini dan memberikan waktu tim penyidik KPK menyelesaikannya tugasnya lebih dahulu,” kata Ali.

“Berikutnya pada waktunya KPK pasti akan memberitahukan kepada masyarakat dan rekan-rekan media tentang konstruksi perkara, alat buktinya apa saja dan akan dijelaskan siapa yang telah ditetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya,” tutur dia.

Lainnya:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Stasiun KRL Terintegrasi Dengan LRT Jabodebek, Jumlah Penumpang Ikut Melonjak

JAKARTAVIEW.ID, - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mencatat kenaikan jumlah penumpang pada 2 stasiun yang terintegrasi dengan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -