Kota-kota Tertua di Dunia Bahkan Sudah ada Sebelum 10 Ribu Tahun SM

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Seiring dengan berkembangnya zaman, usia dari sebuah negara atau pun kota juga semakin lama semakin menua. Sebuah kota yang sudah menginjak usia ribuan tahun harus menjadi destinasi wisata yang wajib kalian dikunjungi.

Sebab, kota-kota tua yang telah berdiri berabad-abad yang lalu merupakan bukti sejarah dari peradaban manusia yang perna ada. Tak dipungkiri, kota tersebut memiliki arsitektur yang indah dan kisah-kisah yang menarik di belakangnya.

Pada umumnya, arsitektur bangunan dari kota-kota tersebut identik dengan peradaban kuno yang masih bertahan hingga saat ini. Kota tertua di beberapa negara di dunia ini tentunya masih kerap dikunjungi oleh para wisatawan.

Berikut ini Jakartaview rangkum 5 kota tertua di dunia yang telah berusia ribuan tahun lamanya, seperti dilansir dalam The Culture Trip.

1. Damaskus, Suriah

Damaskus, Suriah

Kota Damaskus di Suriah diyakini sebagai kota tertua di dunia yang masih dihuni oleh banyak penduduknya. Kota yang berdekatan dengan dengan Beirut, Lebanon, ini telah berdiri pada sekitar abab ke-3 SM loh.

Namun, melalui situs penggalian, para arkeolog membuktikan bahwa kota ini dihuni sejak 8000 dan 10000 SM. Saat ini, Damaskus memiliki populasi lebih dari 2,5 juta jiwa. Selain itu, Damaskus yang juga merupakan Ibu Kota kebudayaan Arab sejak tahun 2008 itu juga menjadi Ibu Kota Republik Arab Suriah.

Terletak di Suriah, kota ini adalah tempat yang unik, karena begitu banyak bangunan yang mencatat budaya Islam pada zaman dulu. Menurut sejarah, Islam mulai menginjakkan pengaruhnya di kota itu pada era kekuasaan Khalifah Umar bin Khattab. Secara resmi, Damaskus berada dalam kekuasaan Islam pada September 635 M.

Baca Juga: Lima Film Yang Membuat Valentine Kalian Jadi Lebih Romantis

2. Athena, Yunani

Athena, Yunani

Athena adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Yunani. Kota tersebut banyak di kenal orang sebagai tempat kelahiran peradaban dan demokrasi barat.

Manusia telah tinggal di Kota Athena setidaknya lebih dari 7000 tahun lamanya, namun keberadaan manusia tertua yang diketahui berasal dari abab ke-11 dan 7 SM.

Athena dulunya merupakan kota yang kuat dan tempat lahirnya demokrasi yang ada di dunia. Athena juga dikenal sebagai kota bersejarah, karena penuh dengan jejak peninggalan zaman Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Selain itu, zaman keemasan Athena kuno dikenal sebagai tempat kelahiran bagi para pemikir terbesar dalam sejarah umat manusia, seperti Socrates, Aristoteles, dan Hippocrates.

3. Sidon, Lebanon

Sidon, Lebanon

Sekitar 40 kilometer dari Beirut, Ibu Kota negara Lebanon, terdapat sebuah kota tertua di dunia lainnya yang bernama Sidon. Dalam bahasa Yunani, Sidon berarti “perikanan” karena letaknya yang berada di pesisir dan berfungsi sebagai kota pelabuhan.

Kota Sidon diketahui sudah berdiri sejak lebih dari 6.000 SM ketika perang saudara terjadi di Lebanon. Sidon diyakini sebagai kota yang punya banyak keturunan Helenistik, Romawi dan Ottoman.

4. Luoyang, China

Luoyang, China

Kota tertua berikutnya adalah kota yang terletak di salah satu negara terpadat di dunia, yakni China. Kota Luoyang juga menjadi kota tertua dan terpadat di Asia.

Kota yang terletak di persimpangan dua sungai, yaitu Luo dan Yi itu diyakini telah berdiri sejak lebih dari 4000 tahun SM. Kota ini dikelilingi oleh benteng-benteng khas dari Kekaisaran China.

Dengan sejarah panjang yang menarik untuk di telusuri, Luoyang banyak menawarkan situs sejarah yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, seperti Longmen Grottoes yang termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Selain itu, kota ini kemungkinan merupakan pusat besar bagi para pedagang di kekaisaran China selama ratusan tahun. Sebagai pusat geografis China Kuno, menjadikan Kota Luoyang sebagai salah satu dari tujuh ibu kota Kuno Besar China.

5. Gaziantep, Turki

Gaziantep, Turki

Kota tua di dunia berikut ini adalah Gaziantep, Turki. Dulunya, kota tua ini bernama Antep. Kota yang berkolasi sekitar 185 km timur laut dari Kota Adana ini diperkirakan telah berdiri sejak 3650 SM.

Gaziantep juga menjadi kota padat penduduk di negara Turki. Dilansir dariThe Culture Trip, kota ini menjadi rumah setidaknya bagi 1,3 juta penduduk. Angka tersebut menjadikan Kota Gaziantep sebagai kota terpadat keenam di Turki.

Sebagai salah satu kota tertua di dunia, Kota Gaziantep menawarkan destinasi wisata peradaban kuno, seperti Benteng Gaziantep dan benteng Ravanda. Kedua destinasi tersebut diketahui dipulihkan pada abad ke-6 oleh Bizantium, dan reruntuhan Rumkale.

Jadi gimana kalian tertarik buat kesana? Tetap patuhi protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa traveling lagi deh.

Baca Juga:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -