KKB Sandera Penumpang dan Pilot Maskapai Susi Air Selama 2 Jam di Papua

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Sebanyak 30 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada di Kabupaten Puncak, Papua, menyandera pilot dan tiga penumpang dari maskapai Susi Air pada hari Jumat (12/3).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa dalam keterangannya, pada hari Sabtu (13/3).

Baca Juga:

“Kami telah mendapat laporan informasi adanya penyanderaan pesawat selama dua jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak,” kata Suriastawa seperti dilansir dariĀ Kompas.com.

Lebih lanjut ungkap Suriastawa menerangkan bahwa, penyanderaan berakhir setelah terjadinya negosiasi antara penumpang dengan pihak KKB.

Kemudian, sekitar pukul 08.36 WIT, pesawat Susi Air dengan kode PK BVY lepas landas menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika, Papua.

“Meskipun tidak terjadi korban jiwa, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KKB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak kepolisian,” katanya.

Kronologi dari penyanderaan

Dalam rilis tersebut disampaikan kronologi penyanderaan terhadap satu pilot dan tiga penumpang Susi Air di Kabupaten Puncak, Papua.

Berdasarkan rilis dari, front bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) KKB kembali melakukan teror dengan menyandera pesawat PT Asi Pudjiastuti Aviation di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua, pada hari Jumat (12/3).

“Pilot pesawat, Captain Ian John Terrence Hellyer, warga negara Selandia Baru, mengungkapkan bahwa dirinya dan tiga penumpang warga Papua sempat disandera oleh sekitar 30 orang KSB selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak, sekitar pukul 06.20 WIT,” demikian isi rilis tersebut.

Ketiga warga adalah orang asli Papua bernama Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Lainnya:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -