Kemesraan Antara Indonesia dan Jepang Buat China Cemburu

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Kemesraan antara Indonesia dan Jepang baik di bidang Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Pertahanan dengan pertemuan dan kesepakatan bersama kedua negara 30 Maret 2021 membuat China melancarkan protes keras.

“Kami menyatakan keprihatinan sangat serius tentang serangkaian tindakan negatif baru-baru ini dilakukan Jepang terhadap China,” kata Hua Chunying, juru bicara Kemenlu China seperti disiarkan oleh TV TBS, pada hari Kamis (1/4/2021) .

BACA JUGA:

China menuduh bahwa Jepang ‘menyebarkan perselisihan’ terkait kegiatan maritim Beijing.

Kecaman China tersebut menyusul adanya dialog two-plus-two antara kepala diplomatik pertahanan Jepang dan Indonesia yang disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang.

Pertemuan 2+2 antara kedua negara tersebut berjalan sukses antara menteri Jepang dan Indonesia. Bahkan Kedua menteri Indonesia diterima khusus oleh PM Jepang Yoshihide Suga tanggal 30 Maret jam 10.40 di kediaman resmi PM Jepang.

Kesepakatan perjanjian tertulis transfer teknologi pertahanan pertama kali terjadi dilakukan Jepang kepada Indonesia yang ditandatangani bersama 30 Maret lalu di Tokyo antara Menhan Prabowo Subianto dan Menlu Retno Marsudi dengan Menhan Jepang dan Menlu Jepang.

“Biarkan saja China begitu. Itu kan hak dia. Yang penting hubungan Indonesia-Jepang semakin mesra saat ini dan itu sangat menguntungkan bagi kita semua terutama dengan ASEAN juga yang semakin dekat dengan Jepang,” kata seorang pejabat pemerintah Jepang seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (2/4/2021),

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -