Kasus Covid-19: Lonjakan Angka Kematian, 427 dalam Sehari

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Laju dari kasus harian penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air hingga kini masih sulit untuk dibendung.

Pada hari Minggu (4/4/2021), kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 6.731 kasus.

Penambahan tersebut menjadikan total keseluruhan kasus di Indonesia mencapai 1.534.255, terhitung sejak kali pertama diumumkan kasus perdana pada bulan 2 Maret 2020.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, positivity rate atau tingkat penularan Covid-19 19,87 persen per Minggu kemarin.

BACA JUGA:

Sementara itu, pemerintah juga melaporkan adanya penambahkan pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 9.663 orang. Sehingga, total pasien sembuh hingga kini menembus 1.375.877.

Selain itu, sebanyak 427 orang tutup usia karena Covid-19, sehingga total jumlah kasus kematian menembus 41.669.

Dikutip dari Kompas.com, ini merupakan jumlah kedua tertinggi terkait angka kematian akibat Covid-19.

Sebelumnya, jumlah tertinggi angka kematian tercatat 476 pasien dalam sehari, berdasarkan data pada 28 Januari 2020.

Provinsi Banten tercatat menjadi yang tertinggi dalam jumlah angka kematian Covid-19 kemarin. Sebayak 338 jiwa meninggal dalam sehari akibat Covid-19 di Banten. 

Seiring lonjakan kematian, kasus baru di Banten juga menjadi yang tertinggi yakni sebanyak 3.501. 

Penjelasan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan bahwa, penyebab jumlah kasus positif Covid-19 yang melonjak secara signifikan karena data lama baru dimasukkan ke dalam aplikasi New All Record (NAR) Kemenkes.

Sehingga, dalam satu minggu ini seolah-olah kasus positif Covid-18 di Banten naik signifikan. Padahal, angka itu merupakan kasus lama yang baru dimasukkan.

“Data lama di Banten baru terinput diaplikasi NAR pusat dalam minggu ini. Sehingga seolah kasus di Banten naik signifikan,” kata Ati kepada wartawan. Minggu (4/4/2021).

Vaksinasi di Indonesia

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menuturkan bahwa hingga tanggal 4 April 2021 vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 12,5 juta dosis vaksin.

Nadia merinci, secara persentase, seluruh dosis yang sudah diberikan telah mencapai 21,33 persen dari target 40 juta pada tahap pertama dan kedua.

“Itu sudah kurang lebih 8,5 juta orang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19,” kata dia.

Menurutnya, jumlah vaksinasi di Indonesia secara keseluruhan lebih baik dibanding negara-negara di Eropa.

Di mana Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi catatan bahwa rata-rata vaksinasi Covid-19 di Eropa masih di bawah 10 persen.

Di sisi lain, kata Nadia, pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas vaksinasi Covid-19 dengan harapan dapat melahirkan kekebalan kelompok nantinya.

“Kami mendorong semua lapisan masyarakat untuk ikut mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19, khususnya kepada kelompok masyarakat usia di atas 60 tahun,” katanya.

“Yang kita ketahui memiliki risiko angka kematian dan angka kesakitan tiga kali lebih besar dari populasi kelompok lainnya,” imbuh dia.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -