Ganti Nama Pada Channel YouTube Kini Lebih Mudah, ini Caranya

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – YouTube telah merilis sebuah pembaruan yang memungkinkan kepada para penggunanya untuk dapat mengubah nama kanal (channel) YouTube dengan cara yang lebih mudah. Dengan pembaruan tersebut, pemilik channel bisa mengubah nama tanpa mempengaruhi akun Google yang sudah terdaftar.

Biasanya, pemilik channel YouTube cukup sulit untuk mengubah nama akun channel mereka. Pasalnya, untuk mengubah nama channel, mereka juga harus mengubah sejumlah informasi dari akun Google terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Dengan adanya pembaruan tersebut, pemilik channel tak perlu repot-repot mengubah sejumlah informasi tersebut. Fitur baru ini berlaku untuk akun pribadi maupun akun yang sudah terverifikasi atau centang biru.

Selain nama channel, pengguna YouTube kini juga lebih leluasa untuk mengubah foto profil mereka sesuai kehendak.

Untuk mengubah nama channel dan mengganti foto profil, pengguna cukup mengunjungi halaman YouTube Studio mereka. 

Apabila pengguna membuka YouTube melalui desktop (browser), pengguna bisa masuk ke bagian YouTube Studio di dalam pengaturan channel dan akun. Setelah itu, klik bagian “Customization” kemudian masuk ke menu “Basic Info” untuk mengubah nama channel YouTube.

Sementara jika pengguna ingin mengubah melalui aplikasi YouTube versi mobile atau smartphone, pengguna cukup masuk ke pengaturan dengan menekan foto profil di pojok layar, kemudian masuk ke bagian channel YouTube dan pilih “Edit Channel”.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (26/4/2021), YouTube menyebut pembaruan fitur ini merupakan pembaruan yang paling banyak ditunggu oleh para kreator konten.

Pembaruan ini sendiri memang bertujuan untuk memudahkan pengguna apabila mereka ingin mengganti nama akun atau mengubah foto profil secara bersamaan.

Di sana pengguna bisa langsung mengedit nama akun sebelumnya dengan nama yang dikehendaki sekaligus mengganti foto profil baru.

Artinya, nama kanal dan foto profil yang terpampang di YouTube tidak harus disesuaikan seperti nama yang tercantum pada akun Google mereka.

Namun perlu dicatat, bahwa pemilik kanal yang sudah terverifikasi akan kehilangan centang biru setelah mengubah nama akun YouTube mereka.

Kendati demikian, YouTube mengatakan bahwa para kreator dapatmengirim pengajuan akun verifikasi untuk memperoleh centang biru seperti semula.

Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh para kreator konten di YouTube yang ingin melakukan rebranding kanal YouTube mereka. 

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -