Data Dari 533 Juta Pengguna Facebook di Dunia Bocor, Termasuk Indonesia

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Kebocoran data menjadi hal yang sering terjadi pada era yang serba internet sekarang ini. Pada kali ini, data pribadi lebih dari 533 juta pengguna Facebook dari 106 negara dilaporkan telah bocor dan beredar di internet.

Pengguna Facebook yang paling banyak terdampak berasal dari negara Mesir (44,8 juta), Tunisia (39,5 juta), Italia (35,6 juta), dan Amerika Serikat (32,3 juta).

Sejumlah pengguna Facebook asal Indonesia tak luput juga jadi korban dari kebocoran data tersebut, jumlahnya mencapai 130.000 pengguna.

BACA JUGA:

Data pribadi yang bocor meliputi informasi nama lengkap, nomor telepon, lokasi, tanggal lahir, ID Facebook, gender, pekerjaan, asal negara, status pernikahan, hingga alamat e-mail pengguna Facebook.

Ratusan data pengguna ini disebarkan oleh seorang pengguna di forum peretas amatir secara gratis baru-baru ini. Hal tersebut membuat ratusan juta data tersebut tersedia secara luas bagi siapapun yang mengaksesnya.

Facebook sendiri melalui juru bicaranya telah mengonfirmasi kebocoran data ini.

Menurut juru bicara Facebook, ratusan juta data pengguna ini bocor karena adanya kerentanan keamanan yang dialami oleh Facebook. Kerentanan ini sendiri sudah ditambal pada tahun 2019 lalu.

Kendati kebocoran data sudah terjadi dari dua tahun yang lalu, masih ada ancaman kejahatan siber yang mengintai para pengguna Facebook yang jadi korban kebocoran data ini.

Begitulah menurut Chief Technology Officer (CTO) dari firma intelije kejahatan siber Hudson Rock, Alon Gal, yang juga orang pertama yang menemukan kebocoran data ini di internet pada Januari lalu.

Gal mengatakan bahwa, informasi pribadi yang bocor tersebut dapat memberikan informasi berbagai bagi para penjahat siber.

Informasi ini dapat digunakan untuk melakukan penyamaran bahkan penipuan atas nama korban kebocoran data.

“Basis data berisi informasi pribadi sebesar itu pasti akan dimanfaatkan¬†cybercriminal¬†untuk melakukan serangan rekayasa sosial atau upaya peretasan,” kata Gal.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -