BIN: Milenial Target Utama Kelompok Terorisme, Perekrutan Lewat Medsos

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto mengatakan bahwa, generasi milenial adalah target utama yang diincar oleh kelompok terorisme untuk direkrut menjadi anggota baru mereka.

Menurut Wawan, kelompok teroris tersebut memang sengaja menargetkan anggota barunya pada masyarakat yang cenderung tidak kritis dan menelan mentah-mentah semua informasi yang diberikan.

“Memang milenial ini menjadi target utama dari mereka (kelompok terorisme),” kata Wawan dalam diskusi online, pada Sabtu (3/4/2021).

BACA JUGA:

Oleh karena itu, Wawan mengingatkan kepada semua masyarakat, termasuk juga generasi milenial untuk mengecek ulang informasi yang mereka temukan.

Selain itu, menanyakan hal yang belum jelas atau belum dimengerti pada para ulama dan ahli yang sudah memiliki pengalaman.

“Dengan maksud supaya kajian-kajian ini akan lebih komprehensif serta apakah ashabunuzul itu cocok,” ujar dia. 

Wawan juga meminta orangtua mengawasi materi bacaan anak generasi milenial.

Menurut dia, hanya pengawasan orangtua yang bisa mencegah munculnya fenomena lone wolf atau pergerakan sendiri dalam aksi terorisme.

“Oleh karena itu, kita selalu dorong supaya bacaan darinkaum milenial dikontrol oleh orangtua,” kata dia. 

Wawan juga meminta kepada orangtua untuk bisa mengawasi perubahan pada perilaku anak mereka, terlebih lagi, doktrin dan pembinaan paham ekstremisme kerap terjadi melalui jaringan media sosial.

“Karena dia di-drive disitu untuk melakukan apapun yang mereka bisa lakukan terkait dengan ntah itu pembuat rakitan bom,” kata dia seperti dikutip dari Kompas.

“Kemudian diisi dari sisi pemikiran-pemikiran keliru kemudian juga dari upaya-upaya dan pembenaran dari gerakkannya itu,” ucap Wawan.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -