Bill Gates Berencana ‘Tutupi Matahari’ Untuk Atasi Pemanasan Global

Must Read

Jakartaview.id, Jakarta Bill Gates di kabarkan mau ‘menutupi matahari’ untuk membantu mengatasi pemanasan global yang terjadi di Bumi.

“Kamu tidak bisa menutupi matahari dengan jari, tapi mungkin dengan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa,” ungkap Bill Gates yang di kutip dari Forbes. Kamis (28/1/2021).

Bill Gates berencana akan ikut mendanai sebuah proyek dengan tujuan meredupkan sinar matahari guna membuat Bumi menjadi lebih dingin.

Proyek penelitian ini bernama Eksperimen Gangguan Terkendali Stratosfer atau SCoPEx. Penelitian dikerjakan oleh para ilmuan dari Harvard University.

Tujuannya adalah untuk memantulkan sinar matahari di luar atmosfer Bumi. Solusi ini akan dilakukan dengan cara menyemprotkan berton-ton kalsium karbonat yang tidak beracun (CaC03) ke atmosfer Bumi.

“SCoPEx adalah eksperimen ilmiah untuk memajukan pemahaman tentang aerosol Stratosfer yang mungkin relevan untuk rekayasa geosurya,” ungkap mereka di halaman SCoPEx.

Proyek ini akan mulai dengan dilakukannya tes, antara lain pelepasan balon dengan peralatan ilmiah. Balon ini tidak berisi CaC03 tetapi berfungsi sebagai uji manuver dan untuk eksplorasi komunikasi dan sistem operasi.

Forbes melaporkan, penentang ilmiah dari proyek ini percaya bahwa geo-engineering matahari bisa membawa risiko yang tidak terelakkan dan perubahan ekstrim pada pola cuaca nantinya, sehingga tidak berbeda dengan tren pemanasan saat ini.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -