Bepergian Naik kereta Api Bisa Menggunakan Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan mengenai syarat hasil negatif pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR sebagai syarat kesehatan penumpang kereta api jarak jauh.

Aturan itu tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2021 tetang Perpanjangan Pemberlakuan petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19, serta SE Satgas Covid-19 Nomor 5 tahun 2021.

Bukti dari hasil negatif Covid-19 dengan pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR itu, sampelnya harus diambil dengan kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Persyaratan itu tidak diwajidkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun. Menggunakan kereta api jarak jauh bisa dilakukan pemeriksaan GeNose C19 secara langsung di stasiun-stasiun.

Salah satu lokasi yang menyediakan tes GeNose berada di Are Daop 1 Jakarta sejak 3 Februari 2021 adalah Stasiun Pasar Senen.

Dikutip dari Kompas.com sejak pertama kali dibuka hingga Sabtu (6/2) terdapat 2.580 calon pengguna kereta api jarak jauh yang telah menggunakan layanan GeNose C19 di beberapa Stasiun.

Baca Juga: Sejarah Pasar Tanah Abang: Korban Jiwa Berjatuhan Tetapi Pasar Tetap Tegak.

Cara melakukan tes GeNose dan ketentuannya.

Untuk melakukan tes GeNose diperlukan beberapa syarat yang perlu di perhatikan di antaranya.

  • Calon penumpang kereta api jarak jauh wajid menunjukkan tiket atau kode booking yang sudah dibayarkan lunas serta kartu identitas yang asli (e-KTP-SIM)
  • Calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 dianjurkan untuk tidak makan atau minum, serta tidak merokok minimal 30 menit sebelum melakuan proses pengambilan sampel melalui hembusan napas ke kantong udara yang telah disiapkan.

Proses pengambilan sampel GeNose

  • Melakukan pengambilan napas yang dalam melalui hidung dan dihembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali hembusan.
  • Pengambilan napas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup.
  • Pengambilan napas yang ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai kantong udara penuh.
  • Setelah kantong udara penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara.

Calon pengguna dengan hasil yang positif tidak diperbolehkan menggunakan atau meneruskan keberangkatan serta biaya tiket akan dikembalikan secara penuh dan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit rujukan Covid-19.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Dishub DKI Buka Peluang Operator Baru Layanan Sepeda Sewa

JAKARTAVIEW.ID, - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengevaluasi penyelenggaraan sepeda sewa atau bike sharing yang diuji coba sejak 2020....
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -