Bahaya, Terlalu Lama Hidup Sendiri Bisa Timbulkan Dampak Negatif

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Manusia adalah makhluk sosial, yang tentunya tidak bisa yang namanya hidup sendiri. Bersosialisasi atau terhubung dengan orang lain tentu menjadi sangat penting bagi diri setiap seseorang. Ketika seseorang hidup sendiri dan merasa kesepian, tentunya hal tersebut akan berdampak bagi kesehatan fisik maupun mental Manusia itu sendiri. 

Hidup sendiri memang tidak baik, apalagi jika sudah terlalu lama. Nah, bagi seseorang yang sudah terlalu lama hidup sendiri, Berikut beberapa dampak buruk yang Jakartaview.id rangkum Buat Kalian.

BACA JUGA:

1. Stres Hingga Mengalami Depresi

Stres Hingga Mengalami Depresi

Seseorang yang hidup sendiri tentu akan dilanda rasa kesepian. Rasa kesepian inilah yang terkadang sering kali mendorong seseorang menjadi sedih, stres, hingga berujung mengalami depresi.

Hal tersebut dapat terjadi lantaran orang yang hidup sendiri akan lebih banyak menghabiskan waktunya secara sendiri. Karena tidak adanya keluarga, teman, atau pasangan hidup untuk saling berbagi suka dan duka maupun dalam memberi semangat ketika kalian sedang mengalami masalah atau beban hidup. 

2. Daya Tahan Tubuh Menurun

Daya Tahan Tubuh Menurun

Terlalu lama hidup sendiri dan jarang menjalin hubungan sosial dengan orang lain, nyatanya juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini lantaran seseorang yang merasa kesepian tentu akan merasa kurang bahagia.

Karena itulah tubuh tidak memproduksi hormon endorfin atau dopamin. Tentunya hal ini juga dapat membuat daya tahan tubuh menjadi menurun, sehingga tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

3. Pola Makan Menjadi Tidak Sehat

Pola Makan Menjadi Tidak Sehat

Orang-orang yang hidup sendiri biasanya memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti halnya makan tidak teratur dan juga makan makanan tidak sehat. Karena itulah, hal ini sering kali membuat seseorang menjadi terganggu kesehatannya.

Tentunya hal ini akan begitu berbeda dengan orang-orang yang hidup bersama dengan orang lain seperti keluarga atau pasangan hidup. Mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang lebih sehat. Karena akan ada seseorang yang mengingatkan mereka untuk makan teratur, menyiapkan makanan, dan memasak makanan yang menyehatkan. 

4. Abai dalam Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Abai dalam Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Hidup sendiri terlalu lama memang bisa membuat diri terasa lebih hampa. Karena itu, hal ini juga bisa membuat seseorang menjadi malas mengurus dirinya sendiri, apalagi dalam menjaga kesehatan tubuh. Bagi seseorang di usia paruh baya yang hidup sendirian, hal tersebut diketahui juga bisa meningkatkan resiko untuk mengalami penyakit jantung.  

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan pada diri dan tubuh kalian akibat hidup sendiri terlalu lama.

Meski hidup sendiri, tetaplah berusaha berinteraksi sosial dengan orang-orang sekitar, seperti tetangga atau teman kantor kalian. Misalnya saling bertegur sapa atau mencoba aktif bergabung dalam kegiatan sosial dan sebagainya. 

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -