Arkeolog Temukan Situs Ritual Kuno Usianya 3.200 Tahun

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Para Arkeolog telah berhasil menemukan sebuah bangunan upacara kuno yang dibangun pada ribuan tahun yang lalu di wilayah La Libertad di barat laut Peru, Amerika Selatan.

Bangunan tersebut telah didekorasi dengan lukisan dewa laba-laba yang Nampak sedang memegang sebuah pisau.

“Lukisan tersebut berusia sekitar 3.200 tahun dan kemungkinan memiliki makna ritual. Sosok dalam lukisan dinding adalah makhluk zoomorfik bergaya dewa hibrida manusia-hewan yang bisa menjadi bagian laba-laba, yang merupakan hewan penting dalam budaya tersebut,” kata Direktur Investigasi Arkeologi Regulo Franco Jordan seperti dikutip dari lamanĀ livescience, pada hari Kamis (15/4).

BACA JUGA:

Dia mengatakan bahwa dinding yang menahan mural dewa laba-laba menghadap sungai yang membelah Lembah Viru. Menurut dia, temuan ini kemungkinan berarti bahwa dewa tersebut memiliki hubungan dengan air dan upacara sakral mungkin dilakukan di kuil selama musim hujan antara Januari dan Maret, ketika permukaan air di sungai akan paling tinggi.

Budaya berlaku di sepanjang pantai utara Peru dari sekitar 1250 SM hingga 1 M. Masyarakat Pribumi membuat kuil pertama yang diketahui di kawasan itu selama waktu itu. Menurutnya, sebuah museum milik pribadi di Lima yang memamerkan seni pra-Kolombia, dewa laba-laba sering ditampilkan di piring dan cangkir tembikar dan dikaitkan dengan kesuburan.

Sekitar 60 persen candi dihancurkan oleh konstruksi petani.  yang tersisa hanyalah sebuah bangunan kecil berukuran tinggi sekitar 16 kaki (5 meter) dan lebar 49 kaki (15 meter) untuk melindungi lukisan tersebut.

Terkait temuan ini, ia sudah memberi tahukan kepada Kementerian Kebudayaan Peru di La Libertad. Dia meminta agar pemerintah melakukan “intervensi darurat” untuk membatasi akses ke situs tersebut hingga pembatasan virus corona saat ini dicabut.

“Situs itu telah terdaftar dan penemuan itu akan ditutup-tutupi sampai pandemi selesai dan dapat diselidiki dengan baik,” kata dia.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Stasiun KRL Terintegrasi Dengan LRT Jabodebek, Jumlah Penumpang Ikut Melonjak

JAKARTAVIEW.ID, - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mencatat kenaikan jumlah penumpang pada 2 stasiun yang terintegrasi dengan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -