JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa, sepanjang 578,8 kilometer jalur sepeda di Jakarta ditargetkan akan selesai pada tahun 2030.
Sementara untuk tahun ini, target jalur sepeda yang sudah diselesaikan telah mencapai sepanjang 101,2 kilometer.
Dilansir dari kompas.com, Sepanjang 34,1 kilometer di antaranya merupakan jalur sepeda terproteksi dan 87,1 kilometer lainnya tak terproteksi atau sharing dengan pengguna jalan yang lain.
Baca Juga:
- Stasiun KRL Terintegrasi Dengan LRT Jabodebek, Jumlah Penumpang Ikut Melonjak
- Tol Ruas Pondok Aren – Serpong Kilometer 10 Resmi Beroperasi
- Mulai Tanggal 1 Oktober, Tarif Promo LRT Jabodebek Jarak Maksimal Rp 20.000
- Gara-Gara Tidak Pakai Ciput Belasan Rambut Siswi SMP di Lamongan Dicukur Pitak Guru
- Mengintip JPM Dukuh Atas yang Menghubungkan LRT Jabodebek dan KRL ada Tempat Kuliner nya Juga
Ini disampaikan oleh Anies Baswedan dalam akun Facebooknya pada, Sabtu (27/2), usai mengecek progres pemasangan pembatas beton pada jalur sepeda terproteksi di jalan Sudirman-Thamrin.
“Jalur sepanjang 11,2 kilometer dan lebar 2 meter ini direncanakan bisa rampung pada akhir bulan Maret nanti. Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas bike rack sebagai rest area pesepeda,” jelas Anies.
Ia mengharapkan agar, pembangunan jalur sepeda itu akan semakin meningkatkan minat dan kenyamanan dari warga DKI Jakarta dalam bersepeda. Dengan demikian, sepeda dapat menjadi alat transportasi sehari-hari dari warga kota Jakarta.
“Khusus Sabtu-Minggu direncanakan akan ada lajur sepeda temporer tambahan selain yang permanen,” katanya.
Uji coba jalur sepeda Sudirman-Thamrin dimulai
Jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin mulai diuji coba pada hari Jumat (26/2).
Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari mengatakan bahwa, uji coba ini akan berlangsung selama tahap penyempurnaan jalur sepeda permanen yang ditargetkan bakal rampung akhir bulan Maret 2021.
Jalur sepeda permanen yang membentang sepanjang 11,2 kilometer dari Bundaran HI sampai dengan Bundaran Senayan tersebut mulai dipasangi pembatas beton.
Pembatas itu berjenis pot bunga atau planter box yang menyambung satu sama lain seperti rantai.
Lainnya:
- Stasiun KRL Terintegrasi Dengan LRT Jabodebek, Jumlah Penumpang Ikut Melonjak
- Tol Ruas Pondok Aren – Serpong Kilometer 10 Resmi Beroperasi
- Mulai Tanggal 1 Oktober, Tarif Promo LRT Jabodebek Jarak Maksimal Rp 20.000
- Gara-Gara Tidak Pakai Ciput Belasan Rambut Siswi SMP di Lamongan Dicukur Pitak Guru
- Mengintip JPM Dukuh Atas yang Menghubungkan LRT Jabodebek dan KRL ada Tempat Kuliner nya Juga