Analisa Gempa Yang Terjadi di Malang Jawa Timur

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, JAKARTA – Gempa bumi M 6,7 mengguncang Malang, Jawa Timur pada siang ini pukul 14.00 WIB, Sabtu (10/4/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi di Malang tersebut memiliki magnitudo update yaitu Mw 6,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT.

BACA JUGA:

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi,” kata Bambang.

Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi Malang memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault. 

Kendati disebutkan gempa bumi, gempa di Malang ini tidak berpotensi tsunami. Namun, sejumlah daerah merasakan getaran guncangan gempa bumi ini dengan skala yang bervariasi.

BACA JUGA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

MRT Jakarta Dorong Kenaikan Jumlah Penumpang Setelah Pandemi

JAKARTAVIEW.ID, - PT MRT Jakarta (Perseroda) menggencarkan sejumlah strategi untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang yang turun banyak selama pandemi...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -